Pustaka Sebelum Indonesia Ada, Pustaka Museum Nasional

Pustaka Sebelum Indonesia Ada, Pustaka Museum Nasional

Pernah terbayang bagi kita sebagai penikmat warisan sejarah maupun penikmat budaya nusatara. Bahwa, museum nasional kita punya koleksi buku-buku bersejarah yang sekarang sudah bisa diakses secara online. Hal yang dibutuhkan untuk mengaksesnya hanyalah cukup dengan mendaftarkan diri dengan mendaftarkan email atau data-data yang relevan. Apa yang sejatinya membuat Pustaka Museum Nasional menjadi berberda dengan pustaka nasional. Jika kita perhatikan koleksinya, umumnya berasal dari Indonesia sebelum merdeka da sebelum masa-masa berdirinya Indonesia. yang pasti koleksi-koleksi bersejarah ini, melebihi umur negara ini dan melebihi umur yang mebaca, adalah sebuah koleksi yang fenomenal bagi para peneliti maupun bagai para pembaca pada umumya. Lalu pasti anda bertanya-tanya apa yang mebuat koleksi ini bisa muncul ke publik sementara tidak mudah untuk mengkasesnya pada beverapa priode waktu lalu. Dan bagaimana teknis mengaksesnya sehingga sumber-sumber informasi ini benar-benar menjadi milik dunia? Penulis menyebutnya Pustaka Sebelum Indonesia Ada, Pustaka Museum Nasional.

Alfa Noranda Penemu Platform Pustaka Museum Nasional

Berangkat dari kegigihannya mengkomunikasikan list dan susmberdaya aset pengetahuan dan koleksi pada dunia ini. ALfa Noranda yang awalnya hanyalah staf biasa di perpustakaan nasional sekarang menjadi memiliki peran penting dalam perannya dan dedikasinya pada warisan budaya Indonesia. Latar belakang yang non teknologi minded person, ternyata tidak menghalanginya untuk membangun karya sistem informasi koleksi museum nasional. Dengan semangat menggebu-gebu dia menyampaikan visinya tentang koleksi museum nasional yang menyimpan sejarah tentang Indonesia secara dokumentatif. Dan bisa menjadi sumbe-sumber yang menginspirasi anak bangsa untuk berkarya dan menciptak kreasi inovatif. Selain memberikan ke percayaan diri tentang latar belakang bangsa Indonesia dan peran bangsa-bangsa yang ada membangun Indonesia sa’at ini.

Alfa Noranda didepan Perpustakaan Museum Nasional Digital

Berkat kegigihan saudara Alfa Noranda Akhirnya website dengan ribuan informasi koleksi buku dan informasi penting tentang masa lalu di upload ke server . Dimana masyarakat dunia bisa memiliki warisan para leluhur manusia-manusia Indonesia. menurut penulis, ini adalah hasil karya anak bangsa yang layak diapresiasi. Begitu jelas visinya dan bagaimana nilai manfa’atnya akan mempengaruhi pandangan kita ke depan, melihat Indonesia sebagai negara bangsa. Akan lebih banyak sumber-sumber utama yang bisa dijadikan rujukan untuk mecipta kreatifitas sebagai basis membangun Industri kreatif. So guys, apalgi yang kalian tunggu, buruan daftar dan selami koleksi apa yang bisa dilihat disana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *